Mengenal dan Memahami Chassis dan Bodi Kendaraan

Sejalan dengan perkembangan dan kemajuan teknologi otomotif, jumlah dari kendaraan juga semakin banyak, yang dibuat dengan teknologi yang bervariasi dan komponen dengan bahan yang juga semakin maju. Bagian kendaraan garis besarnya terbagi dalam 2 kelompok besar, yaitu chassis dan bodi kendaraan.
Mengenal dan Memahami Chassis dan Bodi Kendaraan

Definisi Chassis
Chassis adalah rangka yang berfungsi sebagai penopang berat dan beban kendaraan, mesin serta penumpang. Biasanya chassis dibuat dari kerangka besi/ baja yang berfungsi memegang body dan mesin engine dari sebuah kendaraan. Syarat utama yang harus terpenuhi adalah Material tersebut harus memiliki kekuatan untuk menopang beban dari kendaraan. Chassis juga berfungsi untuk menjaga agar mobil tetap rigid, kaku dan tidak mengalami bending atau deformasi waktu digunakan.

Sejarah Singkat Chasis Atau Rangka Mobil
Rangka mobil pertama kali dibuat oleh Charles dan F. Duryea dari Springfield, Massachussets, Amerika pada tahun 1893. Mobil tersebut mirip sebuah andong tanpa kuda. Mobil Duryea kemudian diikuti oleh elwood G. Hayhes. Dirancang dan dibuat pada tahun 1894 oleh perusahaan Apperson Brothers. Kemudian Henry Ford membuat mobil pertama pada tahun 1897. Perkembangan teknologi rangka mobil relatif cepat. Dari hasil yang kasar dan produksi lambat sampai ke hasil yang halus, indah, cepat, dan efisien seperti sekarang.

Bentuk mobil tertutup baru muncul pada 1911. Tutup mobil bagian atas pada waktu itu masih sangat sederhana. Fungsinya hanya sekedar melindungi penumpang dari hujan dan terik matahari. Tutup bodi ada yang dibuat dari kanvas, tetapi ada juga dari pelat yang dipres sehingga sangat kuat. Tutup mobil yang demikian dikenal dengan sebutan hardtop, contohnya Toyota Land Cruiser.

Jenis Jenis Chassis
Ladder frame 
Dinamakan Ladder Frame karena bentuknya menyerupai tangga. Ladder frame adalah chassis yang tertua dan banyak digunakan khusunya untuk kendaraan berbeban berat (heavy duty). Chassis ini biasanya terbuat dari material baja simetris atau model balok yang kemudian di perkuat dengan crosmembers dan joint joint. untuk beberapa desain kadang kala Ladder frame diberi perkuatan besi menyilang agar tetap menjaga kekakuan strukturnya.

Mengenal dan Memahami Chassis dan Bodi Kendaraan
Monocoque
Pada Chassis jenis ini Body kendaraan berfungsi sebagai Chassis, sehingga bentuknya sanggat tergantung dari model dari kendaraan itu sendiri, Chassis monocoque atau sering kita denganr dengan nama sasis monokok, kekuatan utamanya ada pada lembaran lembaran baja/ composit yang disatukan atau diperkuat. Pada dewasa ini jenis Chassis monocoque banyak diaplikasikan pada kendaran ringan karena memiliki keuntungan diantaranya bisa menghemat pemakaian bahan selain itu dapat mempersingkat proses produksi. karena tidak perlu membuat sasis tambahan bukan.
Mengenal dan Memahami Chassis dan Bodi Kendaraan

Tubular space frame 
Jenis Chassis ini mengunakan bermacam balok atau pipa yang dirangkai menjadi satu dan hampir menyerupai ndari konstruski kendaraan tersebut. Chassis ini biasanya banyak diaplikasikan dalam dunia balap mobil, Jenis Chassis ini sangat mudah untuk ditambah atau di desain dan diberi perkuatan tambahan. Dalam struktur jenis ini sangat penting untuk memastikan semua bidang ter triangulasi (coba anda amati kuda kuda pada rumah atau jembatan dimana semua struktur tercipta dengan sambungan model segitiga. Kekuatan dari Chassis ini amat tergantung dari mutu dan kualitas sambungan las tiap sendinya.
Mengenal dan Memahami Chassis dan Bodi Kendaraan

Backbone Chassis
Ide awalnya adalah dengan membuat struktur depan dan belakangnya yang terhubung dengan sebuah rangka tube yang melintang disepanjang mobil. Tidak seperti transmisi tunel, chassis backbone ini hampir seluruhnya adalah struktur kaku dan dapat menahan semua beban. Ini terdapat beberapa lubang yang kontinyu. Karena begitu sempit dindingnya umumnya dibuat tebal. Chassis Backbone memiliki kekakuan dari luas area bagian backbone itu sendiri.
Mengenal dan Memahami Chassis dan Bodi Kendaraan

Aluminium Space Frame
Chassis jenis ini pertama kali dikembangkan oleh perusahaan mobil Audi (anak perusahaan Grup VW) bersama-sama dengan perusahaan pembuat aluminium Alcoa. Aluminium Chassis Frame dibuat untuk menggantikan chassis baja monocoque karena untuk menghasilkan sebuah rangka yang ringan. Konon Chassis jenis Aluminium Space Frame diklaim 40% lebih ringan dibanding dengan rangka baja monocoque namun 40% lebih Kaku / Rigid. Pada Gambar disamping adalah gambar chassis milik dari kendaraan Audi.
Mengenal dan Memahami Chassis dan Bodi Kendaraan

Definisi Bodi
Bodi adalah bagian dari kendaraan yang dibentuk sedemikian rupa, (pada umumnya) terbuat dari bahan plat logam (steel plate) yang tebalnya antara 0,6 mm – 0,9 mm sebagai tempat penumpang ataupun barang.

Konstruksi bodi otomotif dibagi menjadi 2, yaitu:
1. Konstruksi Terpisah (Composite)
Merupakan jenis konstruksi bodi kendaraan dimana bodi dan rangkanya terpisah. Pertautan/penyambungan antara bodi dan rangka menggunakan baut dan mur. Untuk meningkatkan kenyamanan saat digunakan, maka diantara bodi dan rangka dipasang karet sebagai alat peredam getaran. Konstruksi bodi dan rangka yang terpisah ini memberikan kemudahan dalam penggantian bagian bodi kendaraan yang mengalami kerusakan, terutama bodi bagian bawah atau putusnya rangka. Konstruksi ini biasanya digunakan pada kendaraan sedan tipe lama, kendaraan penumpang dan mobil angkutan barang. (misal truck, bus, pick up dan lain sebagainya).

2. Konstruksi Menyatu (Monocoque).
Merupakan jenis konstruksi bodi kendaraan dimana bodi dan rangka tersusun menjadi satu kesatuan. Konstruksi ini menggunakan prinsip kulit telur, yaitu merupakan satu kesatuan yang utuh sehingga semua beban terbagi merata pada semua bagian kulit. Pertautan antara bodi dan rangka menggunakan las. Karena bodi dan rangka menyatu, maka bentuknya dapat menjadi lebih rendah dibanding dengan tipe composite sehingga titik berat gravitasi lebih rendah menyebabkan kendaraan akan lebih stabil. Konstruksi ini digunakan pada sedan, bahkan beberapa kendaraan MPV (Multi Purpose Vehicle) mulai menerapkan konstruksi monocoq body.

Demikian ulasan singkat tentang Mengenal dan Memahami Chassis dan Bodi Kendaraan, semoga apa yang diulas pada artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca, apabila ada yang perlu ditanyakan, silahkan isi kolom komentar.
loading...
loading...

Please Share

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

3 komentar:

terima kasih banyak atas blog nya.
mohon bantuan biodata pemilik blog buat daftar pustaka tugas kuliah saya mohon bantuan nya om
emial saya tmuhammadmaulana17@gmail.com

terimakasih infonya sangat bermanfaat.
salam kenal.
MOBA

Sekedar tambahan om untuk Mobil Penumpang :

Merupakan kendaraan bermotor angkutan orang yang memiliki tempat duduk maksimal 8 orang termasuk pengemudi atau yang beratnya tidak lebih dari 3.500 kg.

Yang dikatakan mobil penumpang meliputi :

a. Mobil penumpang sedan dengan 3 ruang yang terdiri atas :

– Ruang mesin

– Ruang pengemudi dan ruang penumpang

– Ruang bagasi

b. Mobil penumpang bukan sedan yang memiliki dua ruang yang terdiri atas:

– Ruang mesin

– Ruang pengemudi, ruang penumpang dan /atau bagasi

c. Mobil penumpang lainnya yang dirancang untuk keperluan khusus, seperti ambulance dan mobil jenazah.

Baca juga : mobil penumpang terbaik

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More